Home » » READY PLAYER ONE (2018)

READY PLAYER ONE (2018)


Durasi: 140 menit
Genre: Action, Adventure, Sci-Fi
Rating: R13+ (Indonesia) – PG-13 (USA)

SINOPSIS

Ketika pencipta sebuah dunia virtual reality bernama OASIS meninggal, ia merilis video yang menantang semua pengguna OASIS untuk menemukan telur tersembunyi. Penemunya akan dapat hadiah besar. Wade Watts menemukan petunjuk pertama dan berlomba menemukan isi telur tersembunyi ini.

Gambar: The Fire Wire

PENULISAN

Ready Player One (2018) mengangkat cerita novel dengan judul yang sama karya Ernest Cline. Ber-setting di tahun 2045 dimana populasi manusia semakin padat dan teknologi sudah semakin maju, cerita lebih berfokus pada permainan virtual reality dimana sang pemain bermain seolah-olah sudah menjadi bagian dalam permainan tersebut.

Pembangunan ceritanya bagus, tidak terburu-buru. Penonton bisa merasakan cerita yang dibangun dengan perlahan. Twist di film ini benar-benar tidak terduga, meskipun terkesan sederhana tetapi penyampaiannya sangat bagus. Selain itu, banyak easter eggs yang bertebaran di film ini karena Ready Player One (2018) mengangkat pop culture yang notabene digemari oleh banyak orang, terutama kelahiran 80-90an.

Gambar: Empire

PENGARAHAN

Ready Player One (2018) diarahkan oleh sutradara kawakan, Steven Spielberg. Jurassic Park (1993), The Lost World: Jurassic Park (1997), The Post (2017) adalah beberapa film hasil arahan Mr. Spielberg. Beliau juga pernah meraih tiga Academy Award. Jadi, tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Mr. Spielberg kembali membuktikan kalau polesannya belum pudar. Di bawah arahannya, Ready Player One (2018) berhasil menampilkan visualisasi dunia VR yang mungkin bisa dikatakan mimpi atau imajinasi setiap orang. Adegan per adegan diarahkan dengan baik, meskipun ada satu dua adegan yang terkesan “lama” dan datar. Keseluruhan Mr. Spielberg berhasil memvisualisasikan novel kedalam film.

Gambar: Youtube Warner Bros. Pictures

PENYUNTINGAN

Karena ceritanya berkutat di dunia VR tak heran efek CGI lebih banyak digunakan untuk membuat dunia VR itu sendiri beserta seluruh avatar pemain yang kebanyakan adalah karakter yang banyak dikenal. Film ini seperti film animasi 3D yang dipadukan dengan dunia nyata, penonton akan mendapati adegan dimana avatar pemain akan berada seolah di dunia nyata.

Gambar: Entertainment Weekly

CAST
Tye Sheridan dipilih untuk menjadi pemeran utama di film ini. Bintang X-Men: Apocalypse (2016) ini berhasil menunaikan tugasnya dengan baik. Tidak hanya berperan sebagai karakter Wade Watts. Sheridan juga mengisi suara karakter avatar dari Parzival.

Selain Sheridan ada juga Olivia Cooke, Ben Mendelsohn, Lena Waithe, T.J. Miller, Mark Rylance, Simon Pegg, Hannah John-Kamen, beserta cast lainnya. Masing-masing memerankan karakter mereka dengan baik.


Gambar: Youtube Warner Bros. Pictures

SINEMATOGRAFI

Top! Visualnya mewah dan megah, terutama di dunia VR-nya. Kekurangannya ada di beberapa adegan yang pengambilan gambar yang goyang.

Gambar: Youtube Warner Bros. Pictures

Gambar: Youtube Warner Bros. Pictures

LATAR

Ready Player One (2018) mengambil latar di Columbus, Ohio tahun 2045 dan dunia VR tentunya.

Gambar: Billboard

MUSIK

Alan Silvestri dipercaya untuk menjadi komposer di film ini. Beliau adalah orang dibalik terciptanya The Avengers theme yang ikonik. Mr. Silvestri sukses menyajikan musik yang fit dengan tema yang dibawakan, yaitu pop culture. Musiknya enak didengar. BGM ditempatkan dengan baik yang kemudian menambah pengalaman saat menonton terutama di momen-momen krusial. Bravo Mr. Silvestri!

Gambar: Youtube Warner Bros. Pictures

KOSTUM

Kostum kasual lebih banyak digunakan. Ada beberapa kostum khusus yang dirancang untuk meningkatkan sensitifitas di dalam dunia VR. Untuk desain kostum avatar juga bagus, ada beberapa kostum yang merupakan easter eggs dari film atau video game.

KESIMPULAN

Buat kalian penggemar video game, film, atau apapun itu yang berhubungan dengan pop culture, film ini wajib kalian tonton! Untuk penonton awam film ini tetap bisa dinikmati kok, ceritanya menarik ditambah visual yang wah dan musik yang enak didengar, gak bakal bikin ngantuk deh.

Rating pribadi: 8.5/10
IIMDb: 8.1/10
Metacritic: 60
Rotten Tomatoes: 74%
Cinemascore: A-

Sekian untuk review kali ini, semoga bermanfaat!

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 Wakibuy
Distributed By Gooyaabi Templates